BEGINI SEHARUSNYA PEMUDA!

26/10/2008 16:48

BEGINI SEHARUSNYA PEMUDA!

Sesungguhnya mereka adalah para pemuda yang beriman kepada Rabb-Nya dan kami tambahkan petunjuk kepada mereka….” (QS. Al-Kahfi:13).

Ketika berbicara mengenai pemuda banyak hal yang menarik dan hal-hal menyenangkan karena dalam fase kesatriaannya kita akan menemukan berbagai macam hal tentang pencarian jatidiri dalam menyusuri setiap lembaran mozaik masa depan yang masih terlihat samar-samar. Tidak dapat dipungkiri bahwa dalam sejarah islam pemuda ditakdirkan mempunyai peran yang strategis yang diantaranya sebagai agent of change (Agen perubahan). Marilah kita tengok kebelakang bahwasanya kebangkitan islam pada masa Rosulullah SAW ditopang oleh tangan-tangan kekar para pemudanya, serta pada era kejayaan dan keemasan di abad pertengahan pun demikian, para ilmuan itu adalah kawula muda.

Menurut Imam Syahid Hasan Al-Banna, perbaikan suatu umat tidak akan terwujud kecuali dengan perbaikan individu, yang dalam hal ini adalah pemuda. Perbaikan individu (pemuda) tidak akan sukses kecuali dengan perbaikan jiwa. Perbaikan jiwa tidak akan berhasil kecuali dengan pendidikan dan pembinaan. Yang dimaksud dengan pembinaan adalah membangun dan mengisi akal dengan ilmu yang berguna, mengarahkan hati lewat doa, serta memompa dan menggiatkan jiwa lewat instropeksi diri.

Cara yang paling baik memprediksi masa depan adalah menciptakan masa depan dan tahukah anda siapakah masa depan itu, masa depan itu adalah seorang pemuda. Wahai pelopor perubahan marilah kita menciptakan masa depan itu dengan sebuah narasi peradaban ini dengan tinta emas rabbaniyah karena dibalik setiap revolusi, pemuda adalah pemeran utamanya.

Sejarah kemudian mengajarkan kita sebuah kaidah bahwa risalah yang agung haruslah dibawa oleh seorang rasul yang agung; bahwa sebuah misi besar haruslah diemban oleh seorang pemikir yang besar; bahwa sebuah beban amanat yang berat haruslah dipikul oleh seseorang yang kuat; bahwa sebuah pedang yang tajam hanyalah akan berguna jika ia berada dalam genggaman tangan seorang pahlawan pemberani; bahwa sebuah peradaban hanya dapat dibangun diatas altar sejarah oleh pelopor perubahan arsitek peradaban.

Sesungguhnya, sebuah narasi peradaban itu akan berhasil diwujudkan manakala kuat rasa keyakinan kepada-Nya, ikhlas dalam berjuang dijalan-Nya, semakin bersemangat dalam merealisasikannya, dan kesiapan untuk beramal dan berkorban dalam mewujudkanya. Keempat karakter diatas yakni iman, ikhlas, semangat, dan amal merupakan karakter yang melekat pada diri pemuda, karena sesungguhnya dasar keimanan itu adalah nurani yang menyala, dasar keikhlasan adalah hati yang bertaqwa, dasar semangat adalah perasaan yang menggelora, dan dasar amal adalah kemauan yang kuat dan itu semua tidak terdapat kecuali pada diri para pemuda.

Pemuda adalah muara peradaban dalam setiap fase sejarah. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada para pemuda pembaharu. Ia adalah moral dan kekuatan, kasih sayang dan keadilan, pasukan dan pemikiran. Sebagaimana ia adalah aqidah yang murni dan akhlaq yang terpuji, tidak kurang tidak lebih. Beginilah seharusnya pemuda!.

Wallahu’alam bishowab.

—————

Back


Contact

KAMMI Komsat UHAMKA

jl.limau II gandaria selatan kebayoran baru jakarta selatan


085694539078,